Kuliah Sambil Bekerja ? Siapa Takut !

Posted on


Menjadi seorang karyawan sekaligus mahasiswa bukanlah perkara yang mudah. Banyak sekali tantangan dan cobaan yang harus dijalani, sampai-sampai ada yang berkata bahwa untuk lulus kuliah sambil kerja apalagi mendapatkan IPK yang tinggi itu sangatlah sulit?

Untuk bisa sukses dengan beban ganda di dunia kerja dan perkuliahan, pertama-tama tentu saja Anda harus disiplin dan sadar betul bahwa dengan adanya beban yang diambil maka proses yang dijalani juga akan lebih berat.

Kalau biasanya hanya perlu berpikir bagaimana menyelesaikan tugas di perkuliahan dengan baik, setelah memutuskan bekerja, juga harus mengerti bahwa ada tanggung jawab lain, yaitu tugas-tugas kerja yang harus diselesaikan. Agar kuliah bisa lancar dan pekerjaan tidak terlantar, maka diperlukan semangat dan tekat yang kuat.

Kuliah Sambil Bekerja (http://radargorontalo.com)

Tapi benarkah begitu? tentunya hal tersebut benar adanya, tetapi perlu diketahui kembali bahwa pada kenyataanya cukup banyak mahasiswa yang sukses berkuliah sampai lulus bahkan dalam keadaan bekerja. Nah tentunya mereka yang berhasil dan sukses dalam berkuliah sambil kerja memiliki tips sukses yang perlu dicontoh.

Meskipun pilihan tersebut cukup beresiko, namun jangan khawatir, kali ini kita akan memberikan tips-tips sukses bagaimana menyikapi kedua hal tersebut.

1. Memiliki Niat dan Tekat yang Kuat

Tekat Yang Kuat (https://1.bp.blogspot.com)

Tips yang paling pertama dan utama agar anda bisa kuliah dan lulus tepat waktu serta dapat menyelesaikan tugas pekerjaan dengan baik dan benar adalah dengan memiliki niat yang benar-benar kuat. Baik di tempat kuliah ataupun tempat kerja, hal niat yang kuat inilah yang sangat penting untuk dimiliki.

Perkara niat ini harus sering di afirmasi dan sering diingatkan agar selalu terjaga. Ingatlah cita-cita anda dimasa depan, ingatlah wajah orang tua yang ingin melihat anaknya sukses, ingat apa-pun yang dapat membuat anda bersemangat ketika anda sedang patah semangat. Tempelkan hal-hal yang membuat anda semangat tersebut dikamar dan tempat-tempat yang anda biasa lihat agar kembali bersemangat.

Bergaul dengan orang-orang yang memang bersemangat dan memiliki sikap positif dalam berkuliah. Karena teman pergaulan kita dikampus ataupun di tempat bekerja tentunya akan turut memberikan andil besar bagi semangat kita. Kalau mereka semangat kita pasti bisa ikut bersemangat.

2. Mempersiapkan Mental

Mental Yang Kuat (http://cdn1-a.production.images.static6.com)

Terjebak dalam kenikmatan menghasilkan uang, perlahan akan membuatmu terlena. Kamu menjadi tidak fokus dan akhirnya malas untuk mengikuti pelajaran kuliah. Tapi kamu tahu, keuntungan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi adalah investasi jangka panjang untuk kelangsungan karier di masa depan.

Kuliah sambil bekerja memang sangat menguras waktu, tenaga, serta pikiran. Ditambah lagi kamu harus beradaptasi dengan dua lingkungan yang berbeda. Stres dan rasa lelah memang menjadi resiko yang mesti kamu rasakan. Tapi percayalah, hasil akhir yang kamu dapat akan lebih indah dari semua penat yang saat ini kamu alami. Kuliah sambil bekerja pasti bisa kamu lakukan asalkan kamu punya niat dan usaha untuk selalu hidup disiplin dan tentunya memiliki mental baja.

Oleh karena itu, kesiapan mental harus benar-benar diutamakan. Berada dalam lingkungan yang tidak kita sukai, tentu akan menjadi beban tersendiri. Tapi bagaimana kita mampu untuk bertahan, kesiapan mental kamulah yang akan menentukan.

3. Tetaplah Belajar

Tetap Belajar (https://www.inovasee.com)

Keuntungan dari kuliah sambil kerja adalah kamu akan mendapat banyak pengalaman yang bisa dijadikan gambaran di waktu yang akan datang. Bagaimana dunia kerja dan bagaimana cara bergaul, hal itu akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa.

Minimal, kamu menyadari bahwa tak ada hidup yang bisa berjalan tanpa kita mau belajar. Mencari uang itu penting, tapi pendidikan tetap nomor satu. Ilmu bertahan hidup adalah mandiri dan senantiasa mampu untuk berjalan di atas kaki sendiri.

4. Pandai Mengatur Waktu

Pandai Mengatur Waktu (http://2.bp.blogspot.com)

Langkah yang paling penting dan harus diperhatikan adalah jadwal. Jangan sampai bertabrakan antara kebutuhan kerja dan perkuliahan. Sesuaikan pertimbangan awal anda ketika memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Misalnya jam perkuliahan pagi, maka pilihlah jadwal kerja sore hari atau malam hari, begitu pula sebaliknya. Bila ada jadwal yang benar-benar tidak dapat di gantikan maka pilihlah yang menurut anda prioritas utama, satu hal yang terpenting yaitu pastikan anda sudah mengkomunikasikan dengan pihak-pihak terkait.

Demikiam artikel Kuliah Sambil Bekerja ? Siapa Takut ! Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda. Tetaplah berjuang dan berlari mengejar mimpi tanpa merasa putus asa.