Jangan Menyesal ! Masih Ada Peluang Sukses Bagi Mahasiswa Salah Jurusan

Posted on


Perkuliahan itu seperti hutan belantara yang kita berada di dalamnya, terkadang kita tidak tahu jalan yang kita ambil apakah jalan yang benar untuk kita ataukah jalan yang salah. Yang kita tahu hanyalah cerita dari orang lain, bahwa jika kita mampu melewati hutan itu dan berada pada jalan yang benar, kita akan menemukan harta karun kebahagiaan. Ya hanya itu.

Ada orang yang mampu melewati hutan itu dengan selamat dan sampai pada harta karun. Ada juga orang yang berhasil keluar dari hutan tersebut, namun hanya sebatas keluar dari hutan saja tanpa berhasil menemukan harta karun. Ada juga orang yang justru tersesat di hutan tersebut, jangankan untuk mencari harta karun, menemukan jalan keluar dari hutan pun terasa membingungkan. Dan ada orang-orang yang gugur dalam hutan tersebut karena sulitnya medan yang harus dihadapi. Berikut pembahasan mengenai peluang sukses mahasiswa yang salah jurusan.

1. Proses Pemilihan Jurusan

Memilih Jurusan (http://usm.itera.ac.id)

Proses pemilihan jurusan bagi setiap mahasiswa berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Ada yang masuk jurusan tertentu karena memang suka dengan bidang ilmu tersebut, ada juga yang mungkin terpaksa karena keadaan ekonomi sehingga memilih jurusan yang paling terjangkau, ada yang milih jurusan yang yang relevan dengan tempat kerjanya, ada juga yang memilih jurusan tertentu karena dipaksa oleh orang tuannya, mungkin ada juga orang yang memilih jurusan tertentu karena nama jurusannya terdengar keren.

Faktanya saat kita kuliah jurusan komputer misalnya. Tidak setiap waktunya kan kita habiskan di depan komputer. Akan ada waktunya kita berkumpul dengan teman-teman untuk sekedar ngobrol, sibuk berorganisasi, kadang ada yang berbisnis. Periode kuliah adalah masa-masa kita belajar plus bermain di dalamnya. Bagi mereka yang menyesal karena melihat beberapa dari temannya pintar dan berhasil dalam akademis, minder hingga sadar salah masuk jurusan maka merenung dan berpikirlah, jika memang masih ada sedikit harapan yang perlu dikejar maka kejarlah, jika sudah terlambat positiflah, kita perlu mewajarkan masa lalu dengan mengubah sudut pandang.

Tidak semua telur akan berhasil menetas menjadi ayam yang merdu kokoknya. Beberapa berakhir menjadi telur mata sapi, telur asin, dan lainnya. Beberapa orang mungkin ditakdirkan lurus jalur akademisnya, tetapi belum tentu bidang lainnya. Beberapa orang tidak bagus jalur akademisnya tetapi lancar jalur pengembangan dirinya. Jadi positiflah dan kembali Tuhan memberikan apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan.

2. Selalu Ada Hikmah Dari Segala Situasi Yang Terjadi.

Selalu Ada Hikmah (http://assets-a1.kompasiana.com)

Tuhan tak memberikan apa yang kamu inginkan, tapi memberikanmu apa yang kamu butuhkan. Lahirkanlah kesadaran bahwa salah jurusan adalah sebuah keberuntungan.

Tak sedikit orang yang bisa memandang positif sebuah peristiwa sehingga mereka terus dibutakan dengan keegoisan. Kamu yang salah jurusan masih bisa mengembangkan diri di berbagai hal. Rasa tidak puas membuatmu mencari hal-hal lain yang di luar masalah jurusan. Bayangkan dengan mereka yang merasa cocok dengan jurusan. Mereka biasanya hanya fokus pada satu jurusan dan terlalu asik dengan zona nyaman. Kemudian, lupa mengembangkan diri di hal lain.

Masa kuliah merupakan masa pendewasaanmu. Seharusnya kamu sudah mulai bisa berpikir bahwa masa depan bukan hanya soal perkuliahan atau jurusan. Perjuangan dan kerja kerasmu yang ekstra justru yang menentukan. Percuma, kalau kamu ada di jurusan yang tepat dan diimpikan, tapi malah terlena dan lupa untuk berjuang.

Kembangkanlah dirimu di luar masalah perkuliahan atau jurusan. Sebab pada akhirnya nanti, mereka yang menginginkanmu bukanlah orang yang hanya melihatmu dari nilai-nilai kuliah saja, melainkan keaktifanmu dalam berorganisasi dan pengalamanmu di banyak hal. Akhirnya ijazah hanyalah bagian kecil dari masa depan. Sisanya pengalaman dan kemampuanmu pada banyak hal.

3. Salah Jurusan Bukan Akhir Segalanya

Bukan Akhir Dari Segalanya (https://img.okezone.com)

Salah jurusan bukan akhir segalanya, bahkan momen itu belum tentu kamu benar-benar salah. Itu yang perlu kamu catat dalam hati. Ini merupakan sebuah realitas hidup. Menjawab tantangan dengan perjuangan merupakan orang-orang yang bermental juara. Kamu telah naik level ihwal cobaan yang diberikan Tuhan. Bayangkan, ketika kamu mendekati akhir dari perjuangan, kemudian berhasil mengalahkan masalah tersebut dengan sebuah keberhasilan bernama ‘lulus’. Kamu layak mendapatkan julukan sebagai pemenang.

Terlepas dengan segala keputusanmu pada akhirnya, semoga artikel Jangan Menyesal ! Masih Ada Peluang Sukses Bagi Mahasiswa Salah Jurusan ini bisa menjadi pertimbangan kamu ke depannya. Tetaplah yakin jika Tuhan punya jawaban atas segala keadaanmu.